Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Pertama di Bali Ngadegang Bandesa Adat sesuai Perda Bali Nomor 4 Tahun 2019

01 Januari 2020 08:31:53  Administrator  1.192 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Adat Guliang Kangin melaksanakan Pamikukuh (Pelantikan) Prajuru Desa Adat periode 2019 - 2024, pada Selasa (31/12/2019) di Natar Pura Dalem Desa Adat Guliang Kangin.  Hadir dalam pelantikan ini, Plt. Ketua Majelis Desa Adat Kabupaten Bangli, Ketua Majelis Desa Adat Kecamatan Bangli, Kasi Kesra Kantor Camat Bangli, Perbekel Desa Tamanbali, anggota Saba Desa, Kertha Desa dan seluruh krama Desa Adat Guliang Kangin.

Plt. Ketua Majelis Desa Adat Kabupaten Bangli, Ir. Ketut Kayana, menyempaikan bahwa Pelantikan Bandesa Adat di Desa Adat Guliang Kangin ini merupakan pertama kalinya di Bangli, bahkan di Bali, yang dilandasi dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali.

Plt. Bandesa Madya ini juga menyampaikan beberapa hal mendasar yang menjadi spirit perubahan desa adat di Bali menuju desa adat  bermartabat dan mandiri, salah satunya dalam proses penjaringan dan pemilihan bandesa diwajibkan dengan proses musyawarah dan mupakat, serta dilarang dengan bentuk pemilihan suara terbanyak.

Mengikuti amanat yang ada dalam Perda Bali No. 4/2019, Desa Adat Guliang Kangin melaksanakan seluruh tahapan proses mengacu pada perda tersebut. Dari rangkaian proses tersebut ditetapkan Prajuru Desa Adat yang baru periode 2019 - 2024, yang terdiri dari :  Ngakan Putu Suarsana, SH (Bandesa Adat), I Nyoman Pukel (Petajuh), I Ketut Karmayasa (Penyarikan), I Dewa Nyoman Oka Selamet (Petengen).

Disamping pengukuhan Prajuru Desa Adat dilanjutkan dengan Pengukuhan Sabha Desa Adat, Kertha Desa Adat dan Prajuru Banjar Adat yang merupakan  empat kelembagaan yang harus ada berdasarkan Perda Bali Nomor 4 Tahun 2019. Sebagai Saba Desa Adat Guliang Kangin : I Dewa Nyoman Alit Santika, SP., I Dewa Ketut Sangging Arsana, I Ketut Darmaja, SKM. M.Kes., Dewa Ngakan Made Sutirka, I Ketut Guntara, ST.,MT., I Nyoman Sudiarta, I Nengah Karma, I Nengah Suindra. Sebagai Kertha Desa, ditetapkan Prajuru Desa Adat ditambah dengan I Nengah Ngambet, I Ketut Budiarta, I Dewa Made Adnya. Sebagai Prajuru Banjar Adat : I Nengah Sumantra, S.Sos. MAP. (Kelihan), I Putu Iwan Wirama (Petajuh), I Nengah Buda (Penyarikan), dan I Ketut Mupu (Juru Raksa).

Setelah proses pelantikan akan dilanjutkan dengan upacara mejaya-jaya dan nunas panugrahan di Pura Dalem Desa Adat Guliang Kangin.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:447
    Kemarin:1.106
    Total Pengunjung:919.534
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.137.187.233
    Browser:Mozilla 5.0