Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

24 April 2017 17:00:00  Administrator  1.382 Kali Dibaca  Kesehatan

Ada dua jenis gula yang banyak digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, yaitu gula putih dan gula merah atau bisa juga disebut dengan gula aren. Berbeda dengan gula putih yang berbentuk butiran dan berasal dari sari batang tebu. Gula aren mempunyai tekstur yang padat dan kasar, gula jenis ini terbuat dari sari buah aren yang diolah dengan cara tradisional. Karena mempunyai rasa yang manis dan legit, gula aren banyak digunakan untuk memasak berbagai makanan tradisional.
Selain itu, gula aren juga digunakan sebagai pemanis makanan – minuman sehat. Hal ini disebabkan karena gula aren merupakan pemanis yang rendah kalori sehingga tidak akan menyebabkan obesitas. Tak hanya itu saja, gula khas Indonesia ini juga mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh, sesuai dengan apa yang tertera di kesehatan.blogekstra.com. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  Sumber Antioksidan
Di dalam gula aren terdapat kandungan antioksidan dalam jumlah yang banyak. Kandungan antioksidan tersebut mempunyai kemampuan untuk menangkal radikal bebas, sehingga dapat melindungi tubuh dari ancaman penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit.
Mengobati dan Mencegah Penyakit Anemia
Gula aren mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah.

2.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Di dalam gula aren terdapat beberapa unsur kimia yang mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem peredaran darah, sehingga fungsi dan kinerja semua organ-organ tubuh menjadi lebih optimal. Kemudian, kandungan unsur kimia di dalamnya juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.  Menstabilkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah
Gula aren memiliki kandungan niacin yang berperan untuk menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan niacin tersebut juga berfungsi untuk menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit.

4.  Meningkatkan Sistem Pencernaan
Kandungan zat niacin yang terdapat di dalam gula aren juga mempunyai kemampuan untuk meningkat sistem pencernaan, sehingga tubuh terhindar dari masalah gangguan pencernaan dan dapat menyehatkan organ-organ pencernaan.

5.  Melancarkan Sirkulasi Darah
Salah satu masalah yang dapat menyebabkan penyakit yang serius, yaitu sirkulasi udara yang tidak lancar. Sirkulasi udara yang tidak lancar dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, menyumbat saluran peredaran darah, menurunkan kinerja jantung dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

6.  Menghangatkan Tubuh
Kandungan nutrisi dan unsur kimia yang ditemukan di dalam gula aren mempunyai kemampuan untuk menghangatkan tubuh sehingga suhu tubuh tetap stabil dan dapat terhindar dari penyakit flu.

7.  Baik untuk Diet
Pada umumnya, orang yang sedang menjalani program diet cenderung menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Namun, hal ini berbeda dengan gula aren karena gula aren dapat baik untuk diet. Sebab, gula aren merupakan pemanis yang rendah kalori.

8.  Mengobati Sariawan
Kembali lagi pada kandungan niacin yang terdapat di dalam gula aren. Kandungan niacin tersebut mempunyai kemampuan untuk mengobati sariawan, caranya cukup menempelkan gula aren pada bagian mulut yang mengalami sariawan.

9.  Dapat Dijadikan Sebagai Campuran Ramuan Obat
Gula aren biasanya banyak digunakan sebagai campuran ramuan obat karena selain berfungsi sebagai pemanis, gula aren juga mempunyai kemampuan untuk memaksimalkan manfaat dari ramuan obat tersebut.

Siapa sangka bahwa di dalam gula yang biasanya disepelehkan oleh banyak orang ini, ternyata mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi, di pasaran jenis gula ini dibanderol dengan harga yang murah per gramnya sehingga tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

Walaupun demikian, tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam porsi sewajarnya atau tidak berlebihan. Karena sebagai orang awam, kita tidak bisa mengerti akan efek samping yang akan ditimbulkan dari mengonsumsi dan penggunaan gula aren secara berlebihan. Namun, jika mempunyai penyakit diabetes sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter, apakah diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:881
    Kemarin:1.127
    Total Pengunjung:898.125
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.82.44.149
    Browser:Tidak ditemukan