Pujawali Ageng/Nyatur Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Desa Adat Guliang Kangin, ring Anggara Kliwon Prangbakat, 31 Oktober 2023. Rangkaian Pujawali Nyatur, Pura Penataran Agung Dalem Dimade, Guliang Kangin : Ida Bhatara Masucian, 30 Oktober 2023, Ida Bhatara Masineb, Jumat 3 Nopember 2023 Selamat Datang, selamat berkunjung di Website Desa Adat Guliang Kangin. Media Informasi dan Komunikasi Aktifitas Desa Adat Guliang Kangin

Artikel

Bendesa Adat Se-Bali Tatap Muka dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani

15 Maret 2019 02:12:32  Administrator  1.047 Kali Dibaca  Berita Desa

Bendesa Adat Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana, SH mengikuti acara tatap muka dengan Menteri Keuangan Dr Sri Mulyani bersama seluruh Bendesa Adat se-Bali di Hotel Grand  Bali Beach Sanur Denpasar pada Kamis (14/03-2019).  Turut hadir dalam acara ini Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, MM, Wakil Gubernur Bali Ir. Tjokorda Gde Ardana Sukawati beserta Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bali.

Di hadapan 1.493 Bendesa Adat se-Bali, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan dukungannya dalam penguatan Desa Adat di Bali.

"Kalau saya mendukung, bahkan mendukung 1.000 persen untuk itu. Saya memahami dan mengingat pentingnya keberadaan desa adat terutama Bali dalam menjaga kelestarian. Saya bersama Pak Gubernur untuk yang satu itu, tinggal sekarang caranya bagaimana," katanya.

Sri Mulyani menambahkan, dalam Undang-Undang Desa disebutkan bahwa yang disebut desa dan mendapatkan alokasi anggaran APBN adalah desa administratif yang diakui oleh Kementerian Dalam Negeri, yang secara historis berbeda dengan desa adat.

"Namun kita juga tidak menampik fakta adanya entitas sosial atau komunitas bersama yang bentuknya seperti desa adat ini, yang fungsinya juga sangat penting di luar masalah administratif. Hanya saja mungkin wilayah administrasinya bisa overlap karena ada satu desa adat yang mengisi beberapa desa administrasi atau sebaliknya. Ini fakta yang harus kita sikapi," ucap Mantan Direktur Bank Dunia ini. 

Oleh karena itu, Kementerian Keuangan akan membuat nota keuangan kepada presiden untuk selanjutnya dipaparkan ke dewan dan dibuatkan alokasinya.

"Namun kita harus lihat pula implikasinya, seperti contohnya di Aceh dimana desa adat berubah menjadi desa administrasi sehingga keduanya jadi klop," ujarnya.

Jika berbicara masalah kesejahteraan masyarakat, Menkeu menyebut program yang berorientasi pada hal tersebut, dirinya pasti ingin mendukung siapapun pimpinan daerahnya.

"Buat saya masyarakat yang paling penting. Presiden kita dipilih rakyat, presiden kita ingin mensejahterakan rakyat maka kita sebagai pembantunya harus melakukan upaya untuk melayani masyarakat. Jadi saran saya mari kita bawa isu ini dalam pembahasan," katanya.

Sedangkan Ketua Majelis Utama Desa Pekraman (MUDP) Provinsi Bali Jero Gede Suwena Putus Upadesha mengaku sangat senang dengan pelaksanaan tatap muka antara Menkeu dan Bendesa adat se-Bali yang difasilitasi oleh Gubernur Koster.

"Dengan acara ini, Ibu Sri Mulyani bisa mengetahui keberadaan dan peranan desa adat di Bali sebagai desa sosial religious dengan tugas sekala dan niskala, dan yang lebih penting apa yang bisa diberikan negara kepada kita tidak hanya sekadar pengakuan dan penghormatan, tetapi juga upaya untuk memberdayakan dan menguatkan desa pakraman yang ada di Bali," katanya.

Jero Suwena menambahkan, desa adat di Bali adalah suatu entitas sosial yang unik yang berbeda peranannya dengan desa dinas atau desa administratif. 

"Kita di Bali sistemnya dualitas, bukan dualisme dimana keduanya berjalan dengan perannya masing-masing dalam kehidupan adat, keagamaan serta kenegaraan," ujarnya.

 Untuk itu, pihaknya mengharapkan jalan tengah  yang terbaik, sehingga tidak melanggar perundang-undangan yang ada namun desa adat tetap diakui oleh negara. "Masih ada celah untuk itu dan kita semua berdoa agar perjuangan ini bisa sampai pada tujuannya," kata Jero Suwena. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa Adat

Back Next

 Chanel Youtube

Chanel Youtube

 Arsip Artikel

19 April 2015 | 37.372 Kali
Lambang Desa
17 April 2015 | 37.180 Kali
Program Kerja
17 April 2015 | 36.479 Kali
Visi dan Misi
31 Maret 2015 | 36.440 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Adat Guliang Kangin
17 April 2015 | 36.334 Kali
Sejarah Desa Adat Guliang Kangin
31 Desember 2016 | 36.133 Kali
APBDesAdat Tahun 2017
31 Desember 2018 | 36.122 Kali
APBDesAdat Tahun 2019

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Kembengan - Bangli
Desa Adat : Guliang Kangin
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.083
    Kemarin:1.127
    Total Pengunjung:898.327
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.57.87
    Browser:Tidak ditemukan